Rabu, 03 Februari 2010

Manfaat Donor Darah

Sebelum mengetahui manfaat donor darah, kita perlu mengetahui seluk-beluk tentang darah. Darah adalah komponen tubuh yang berperan membawa nutrisi dan oksigen ke semua organ tubuh, termasuk organ-organ vital seperti otak, jantung, paru-paru, ginjal, dan hati. Apabila darah yang beredar di dalam tubuh sangat sedikit oleh karena berbagai hal, maka organ-organ tersebut akan kekurangan nutrisi dan oksigen. Akibatnya, dalam waktu singkat terjadi kerusakan jaringan dan kegagalan fungsi organ, yang berujung pada kematian. Untuk mencegah hal itu, dibutuhkan pasokan darah dari luar tubuh. Jika darah dalam tubuh jumlahnya sudah memadai, maka kematian dapat dihindari.

Di atas telah dijelaskan fungsi pokok darah dan manfaat darah bagi penerima darah. Selain bermanfaat bagi penerima darah, donor darah juga bermanfaat bagi pendonor. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Mengetahui golongan darah. Hal ini terutama bagi yang baru pertama kali mendonorkan darahnya.
  2. Mengetahui beberapa penyakit tertentu yang kita diderita (cek kesehatan gratis). Setidaknya setiap darah yang didonorkan akan melalui 13 pemeriksaan (11 diantaranya untuk penyakit infeksi). Pemeriksaan tersebut antara lain HIV/AIDS, hepatitis C, sifilis, malaria, dsb.
  3. Mendapat pemeriksaan fisik sederhana, seperti pengukuran tekanan darah, denyut nadi, dan pernapasan.
  4. Mencegah timbulnya penyakit jantung.
  5. Memperoleh pahala. :-)
  6. dll. :-)

2 komentar:

  1. wah donor darah.. ogah ah.. atut.. dah badan kecil ga ada isinya ntar tmbah kecil dunk,, wkwkwk

    BalasHapus
  2. ga pap pak bos..mengko dadi lemu kok...kaya aku..hahaha...

    BalasHapus