Jumat, 05 Februari 2010

Penyebab Badai Cedera Juventus

TURIN, KOMPAS.com — Sepanjang musim 2009/2010 ini, setidaknya sudah terdapat 42 kali cedera yang dialami oleh pemain-pemain Juventus. Satu per satu pemain andalannya masuk ke meja operasi. Penyebabnya diduga adalah Pusat Latihan Vinovo. Cerdera-cedera tersebut sangat mempengaruhi performa Juventus akhir-akhir ini.
Temuan ini terungkap berdasarkan hasil riset Turin—harian berbasis di kota Turin, Italia. Hasil studi itu menunjukkan, pusat latihan yang dipakai Juventus semenjak musim 2006 ini diketahui memiliki tingkat temperatur yang lebih ekstrem dan kelembaban yang lebih tinggi dari yang biasa mereka pakai sebelum 2006, yaitu di Turin.
Laporan itu menyebutkan, persentase kenaikan suhu dingin hingga 12 persen yang terjadi selama bulan Desember dan Januari di Vinovo adalah penyebab utama dari kondisi banyaknya cedera. Inilah mengapa akhir-akhir ini kian banyak pemain Juve yang cedera, terutama pada ototnya.
Seperti dikutip dari Goal, sebanyak 40 macam cedera otot yang terjadi diakibatkan variasi iklim yang ekstrem selama enam bulan terakhir. Penelitian lebih lanjut kini tengah dilakukan untuk melihat sumbangsih permukaan tanah maupun lapangan yang dipakai para pemain Juve terhadap penyebab cedera.
Pemain Juve mulai dari Gianluigi Buffon, David Trezeguet, Vincenzo Iaquinta, Mauro Camoranesi, Hasan Salimahidzic, Claudio Marchisio, hingga Giovinco telah bergantian mengalami cedera otot selama musim ini.
Zibi Boniek, mantan pemain Juventus, menengarai, anjloknya prestasi "Si Nyonya Besar" di musim ini terutama diakibatkan banyaknya pemain yang cedera. Absennya pemain seperti Trezeguet dan Iaquinta, tentu saja, sangatlah mendasar, tuturnya.
Meskipun demikian, belum ada pernyataan resmi dari Juventus mengenai hasil riset ini.
*Yulvianus Harjono*
Semoga Juve bisa kembali bangkit. Forza Juve!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar