Rabu, 07 Desember 2011

Pembukaan ASEAN ParaGames 2011

Indonesia akan menjadi tuan rumah ASEAN ParaGames (APG) 2011. ASEAN ParaGames 2011 ini digelar mulai tanggal 12-22 Desember 2011 di kota Surakarta (Solo). Berbagai persiapan, mulai pembenahan venue hingga sosialisasi telah dilaksanakan oleh INASPOC (Indonesian Paragames Organizing Committee), selaku panitia ASEAN ParaGames 2011. Bahkan, INASPOC telah mengkoordinasi ribuan warga kota Surakarta untuk menghadiri acara pembukaan ASEAN ParaGames 2011 mendatang.

Seremoni pembukaan ASEAN ParaGames 2011 sendiri baru akan dilaksanakan tanggal 15 Desember 2011 di stadion Manahan. Joko Widodo, selaku walikota Surakarta telah menyampaikan bahwa beliau sangat mendukung ASEAN ParaGames 2011. Beliau telah berkoordinasi dengan panitia penyelenggara dalam pengerahan massa untuk memeriahkan pembukaan ASEAN ParaGames 2011. Setidakanya, akan ada 5100 orang menyaksikan langsung pembukaan ASEAN ParaGames 2011 dari 51 kelurahan yang ada di kota Surakarta. Beliau juga menegaskan, masyarakat tidak perlu khawatir soal harga tiket pembukaan ASEAN ParaGames karena ada undangan dan tiket gratis untuk menyaksikan acara pembukaannya.

Pembukaan ASEAN ParaGames2011 ini rencananya juga akan dimeriahkan dengan nuansa batik. Selain akan ada 100 penari batik yang telah dipersiapkan, Solo Batik Carnival juga akan turut meramaikan acara ini. Selain itu akan ada figuran yang memerankan seorang putri batik yang sedang membatik yang kemudian dilanjutkan dengan salam dari seluruh daerah di Indonesia. Selain batik, kebudayaan lain negara kita yang akan ditampilkan yaitu reog Ponorogo. Nuansa batik dan penampilan reog dalam pembukaan ASEAN ParaGames 2011 ini memang disengaja ditampilkan untuk menunjukkan kepada negara-negara peserta ASEAN ParaGames ini bahwa batik dan reog adalah kesenian asli dari Indonesia.

Selain nuansa batik dan penampilan reog, akan ada iringan-iringan musik tetabuhan dari seluruh daerah, seperti gendhing, rebana dan yang lainnya. Penampilan musik berupa nyanyian dari anak-anak penyandang cacat, serta artis-artis nasional seperti grup musik Warna juga direncanakan akan turut menghibur para peserta dan juga masyarakat yang menyaksikan pembukaan ASEAN ParaGames 2011. Layaknya sebuah pesta besar, dalam pembukaan ASEAN ParaGames 2011 ini juga akan dimeriahkan dengan suguhan kembang api, melengkapi 31 menit rencana rangkaian acara ini.

Diolah dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar