Rabu, 21 Maret 2012

Sekilas tentang Dahlan Iskan

Dahlan Iskan
sumber: Kompas
Beberapa waktu yang lalu, sebuah media online mengadakan sebuah sayembara yang hadiahnya ialah gadget-gadget terbaru. Jelas sekali saya sangat tertarik untuk ikut sayembara tersebut. Sayembaranya sangat sederhana, kita hanya disuruh mengusulkan tokoh perubahan di tahun 2011 yang lalu. Tokoh yang saya usulkan yaitu, sang menteri yang baru saja ngamuk, Dahlan Iskan. #ups...
Beginilah usulan lengkap yang saya kirim via e-mail, sekilas tentang Dahlan Iskan:

Tokoh tahun 2011 ini saya mengajukan Menteri BUMN, Dahlan Iskan. Beliau layak dijadikan tokoh tahun 2011 atas perannya yang sentral dalam mengelola PLN sejak akhir 2009 hingga akhirnya pada 17 Oktober 2011 dipercaya menjadi menteri BUMN pada reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Dalam masa kepemimpinannya sebagai Dirut PLN beberapa waktu yang lalu, beliau sangat ambisus membangun citra PLN menjadi lebih baik. Program yang sangat serius dikerjakan beliau saat itu ialah penambahan sumber-sumber listrik baru sehingga PLN tidak sampai kehabisan stok listrik. Beliau juga serius menggarap sumber listrik yang ramah lingkungan seperti membangun 5 Pembangkit Listrik Tenaga Surya pada 2010 di Indonesia bagian Timur, yang diantaranya ialah di Pulau Banda, Bunaken Manado, Derawan Kalimantan Timur, Wakatobi Sulawesi Tenggara, dan Citrawangan. Bahkan, pada tahun ini beliau merencanakan membangun PLTS di 100 pulau kecil di Indonesia. Atas pencapaian dan ambisi beliau membangun citra positif PLN, beliau akhirnya didaulat menjadi menteri BUMN, menggantikan Mustafa Abubakar yang mengundurkan diri dengan alasan kesehatan.
Selain menjadi seorang pejabat yang layak jadi panutan karena benar-benar menjaga amanahnya dengan baik, beliau juga seorang wirausahawan yang sukses. Berawal dari menjadi seorang calon reporter di sebuah surat kabar di Kalimantan Timur pada 1975, dan menjadi wartawan di majalah Tempo pada 1976, akhirnya beliau menjadi pimpinan surat kabar Jawa Pos pada 1982. Dalam masa kepemimpinan beliau, surat kabar yang berbasis di Jawa Timur tersebut mengalami perkembangan yang sangat baik. Terbukti dengan setelah 5 tahun dipimpinnya terbentuk sebuah jaringan surat kabar yang cukup besar di Indonesia, Jawa Pos News Network (JPNN), yang mencakup lebih dari 80 surat kabar, majalah dan tabloid, serta puluhan jaringan percetakan di Indonesia. Bahkan pada 2002, memiliki sebuah stasiun TV lokal Jatim TV (JTV), yang disusul dengan Batam TV dan Riau TV. Selain itu beliau juga mempunyai perusahaan listrik swasta, PT Cahaya Fajar Kaltim di Kalimantan Timur dan PT Prima Electric Power di Surabaya.



Hingga sekarang, belum ada pengumuman pemenangnya, padahal sudah lebih dari 3 bulan... Huhu... Tak apa lah, bukan hadiahnya yang penting, namun bagaimana kita bisa melihat sosok Dahlan Iskan yang tegas namun bersahaja. Semoga kita bisa mengambil sifat-sifat baik dari beliau... :-)

2 komentar:

  1. numpang menyimak....
    artikel yang bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Dahlan Iskan adalah salah satu tokoh yang benar2 fenomenal, semoga beliau tetap amanah dan diberi kekuatan untuk menegakkan amanah rakyat,.. satu hal yang saya lihat dari beliau adalah kalem dan tegas merakyat, sedikit bicara banyak bekerja... semoga semakin banyak tokoh seperti beliau...

    BalasHapus