Kamis, 17 Juni 2010

Soto Petanahan Pak Kored

Sebelum membuat artikel ini, saya menyempatkan diri untuk browsing mengenai Soto Petanahan. Ternyata, memang sudah banyak yang membuat artikel tentangnya. Sebagai warga Petanahan sekaligus tetangga dekat Pak Sutarman, atau sering kami panggil Pak Kored, saya merasa bangga karena soto ini telah merambah dunia maya...(lebay) haha....


Sebagai kuliner khas Indonesia, soto memang banyak sekali macamnya. Semua soto tersebut pun mempunyai khas tersendiri. Begitu juga dengan soto Petanahan. Soto yang biasanya disajikan bersama nasi, di Petanahan disajikan bersama ketupat. Tidak dipisahkan melainkan dicampur bersama-sama tauge dan daging ayam kampung yang sangat gurih. Namun, apabila Anda tidak suka tauge, Anda bisa memesan tanpa tauge. Begitu juga kalau Anda masih merasa dagingnya kurang, Anda bisa memesan lebih. Bagi yang suka jeroan, Anda juga dipersilakan menambahkan ati-ampela maupun usus. Tergantung selera Anda.Selain itu, kuahnya juga sangat berbeda dengan kebanyakan soto yang lain. Kuahnya sangat kental, penuh dengan rempah-rempah dan rasanya sangat gurih dengan sedikit manis.


Kalau Anda sedang berlibur ke Kebumen, jangan sampai lupa membeli soto Petanahan ini. Jangan sampai salah pula untuk membeli soto Petanahan ini karena ada beberapa penjual soto di desa Petanahan. Namun, antara penjual soto yang satu dengan yang lain, berbeda macam sotonya. Yang paling kesohor karena rasanya yang begitu maknyus, tentu saja soto Pak Kored ini.

Soto Pak Kored ini biasa berjualan dua kali dalam sehari. Pagi pukul 09.00 sampai pukul 14.00 berjualan di rumah. Sedangkan pukul 14.00 hingga pukul 21.00 (atau sampai habis), berjualan di dalam pasar Petanahan. Saran saya apabila Anda ingin menikmati soto Petanahan ini, lebih baik beli pada saat berjualan di rumah. Menurut saya dan keluarga saya sih, rasa rempah-rempahnya lebih terasa. Selain itu, tempatnya juga lebih nyaman. Tidak seperti di pasar yang ramai, suasana di rumah Pak Kored lebih tenang dengan suasana pedesaan yang masih terasa kental. Apalagi kalau makan di teras rumahnya (sekaligus jadi warung) dengan menikmati semilir angin, inginnya jadi nambah terus.. hehe...

Oh ya, tidak susah kok mencari soto Petanahan Pak Kored ini. Bila Anda berada di manapun di daerah Kebumen, tinggal tanya saja di mana pasar kecamatan Petanahan. Hampir semua orang Kebumen tahu kok. Lalu, jika sudah berada di pasar kecamatan Petanahan, berjalanlah ke arah selatan (arah pantai Petanahan) sekitar 300 meter. Di sana, Anda bertanya lagi. Pasti semua orang tahu tempatnya.

Ah, jadi lapar...

3 komentar:

  1. nice blog kawan ....gmana kawan cara nya dpt PR kyk loe ????
    ajarin dong ??
    dah w follow tuh, folback ya klu lum ?? ?

    BalasHapus
  2. soto salah satu makanan kesukaanku,soto yang satu ni ak belum sempat nyoba...!pasti rasanya nikmat..,jd ngiler ni..

    BalasHapus
  3. wah kalo maen ke kbumen lg bs d coba ki.. hehe

    BalasHapus