Jumat, 16 Juli 2010

Tips Backpacking

Backpacking ialah melakukan perjalanan dengan menggunakan backpack atau tas punggung/ransel. Orang yang melakukan backpacking sering disebut juga backpacker. Sekarang ini, backpacking sangat digemari oleh setiap orang yang berkeinginan pergi jauh, namun hanya mempunyai uang yang tidak terlalu banyak, seperti saya ini. Hehehe... Saya memang belum pernah melakukan backpacking, tetapi suatu saat nanti jika ada kesempatan, saya akan melakukannya! Oleh karena itu, saya mencoba membuat posting ini. Semoga dengan membuat posting mengenai backpacking ini, impian berbackpack segera terealisasi. Amin... Tips ini saya dapatkan dari berbagai sumber.

1. Pastikan bahwa Anda benar-benar ingin melakukan backpacking.

2. Pastikan pula jika tempat yang akan Anda tuju merupakan tempat yang relatif aman dan tidak berkonflik.

3. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang tujuan wisata Anda, setidaknya untuk lebih memudahkan Anda untuk menikmati perjalanan wisata ini.

4. Lakukan perjalanan di malam hari untuk menghemat sewa penginapan dan pada pagi harinya Anda bisa berwisata sepuasnya seharian (bila waktu tempuh tidak lebih dari setengah hari).

5. Bawa perbekalan makanan yang dapat menunda lapar seperti roti atau cokelat secukupnya, ini untuk menghindari kelaparan ketika dalam perjalanan bus/kereta dimana tak ada penjual makanan atau ketika Anda dalam kondisi darurat.

6. Bawa uang secukupnya (jangan berlebihan) dalam bentuk cash untuk berjaga-jaga apabila Anda tidak bisa menemukan ATM pada saat backapcking.

7. Tempatkan uang Anda pada tempat yang aman dan (kalau bisa) pada tempat yang terpisah-pisah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kecurian.

8. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan perjalanan Anda.

9. Bawalah obat-obatan untuk berjaga-jaga. obat yang perlu Anda bawa antara lain: obat anti masuk angin, obat flu, obat pusing, minyak kayu putih, obat kram otot/keseleo, plester, obat alergi (jika ada) dan obat anti mabuk perjalanan.

10. Bawalah pakaian secukupnya dan jangan lupa untuk membawa jaket dan handuk kecil serta pakaian khusus jika Anda pergi ke tempat yang bercuaca ekstrim.

11. Bawalah kantung plastik besar untuk pakaian kotor agan agar tidak tercampur dengan pakaian bersih dan kantong plastik kecil untuk berjaga-jaga jika Anda muntah dalam perjalanan.

12. Jangan lupa membawa alat komunikasi serta charger-nya agar Anda tetap bisa dihubungi/menghubungi keluarga atau rekan Anda.

13. Pastikan bahwa backpack yang akan Anda gunakan dalam kondisi yang baik.

14. Bawalah benang dan jarum jahit untuk mengantisipasi pakaian atau backpack Anda sobek dalam perjalanan.

15. Bawalah peta lokasi yang akan Anda kunjungi, GPS akan sangat membantu (jika punya).

16. Membawa perlengkapan mandi secukupnya dalam ukuran yang kecil.

17. Hindari jajan atau membeli barang yang kita butuhkan di perjalanan, akan lebih baik kita membawanya sendiri untuk menghemat pengeluaran.

18. Tanyalah harga terlebih dahulu ketika akan memesan makanan untuk menghindari harga yang tiba-tiba dinaikkan oleh sang penjual.

19. Jangan bertanya pada orang yang tidak meyakinkan seperti para calo, bertanyalah pada petugas resmi terminal atau stasiun.

20. Gunakan alas kaki yang nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama seperti sandal gunung atau sepatu, jangan lupa pula kaos kaki.

21. Minumlah tablet vitamin C untuk menjaga kondisi tubuh Anda tetap vit selama backpacking.

22. Supaya tidak bosan, bisa pula Anda membuat catatan perjalanan. Apalagi bila Anda berencana backpacking sendiri.

23. Kalau punya, lebih baik membawa pisau komando seperti orang-orang yang suka naik gunung.

23. Apabila kondisi keuangan benar-benar terbatas, beranikan diri tidur di tempat umum. Entah di stasiun, masjid, mushola, kantor polisi, atau tempat umum lain yang nyaman untuk istirahat. Jangan lupa ijin terlebih dahulu. Biasanya kaum backpacker bisa diterima dengan baik oleh warga lokal jika kita sopan. Jika Anda sedang beruntung, Anda akan ditawari makan oleh mereka... :-)

24. Sleeping bag dapat Anda bawa jika Anda berencana tidur di tempat umum dan backpacking dalam jangka waktu yang cukup lama.

25. Warnet 24 jam juga bisa menjadi tempat alternatif untuk bermalam, daripada menginap di penginapan atau hotel... :-)

26. Sikap kita sewaktu backpacking juga harus diperhatikan. Jangan sampai kita terlihat bingung seperti orang tersesat.

27. Anda bisa memberikan kabar posisi Anda berada melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, YM maupun yang lain. Ini cukup penting apabila Anda sedang bacpacking sendiri.

Ada lagi beberapa tips tambahan bagi Anda yang ingin backpacking ke luar negeri:

1. Rajin-rajinlah mencari informasi tiket pesawat murah . Kalau dirasa perlu, Anda bisa mendaftar (sign up) ke beberapa website penerbangan murah supaya jika ada program promo tiket, kamu akan dikirimi e-mail.

2. Usahakan mengemas backpack seringkas dan seringan mungkin. Alasannya: karena akan sering berpindah tempat. Selain itu, penerbangan murah hanya memperbolehkan tas yang dibawa masuk ke kabin secara gratis maksimal 7 kg. Jadi, Anda bawa baju secukupnya dan hal-hal penting.

3. Cari informasi melalui Internet, majalah, buku mengenai destinasi yang akan Anda datangi supaya Anda tahu betul apa yang akan Anda lakukan setibanya di sana.

4. Berhati-hati dan waspada sepanjang perjalanan. Simpan paspor, uang, dan barang berharga lain di tas khusus dan selalu melekat di badan. Jangan pernah dilepas di sembarang tempat.

5. Untuk backpacker perempuan, jangan mengenakan perhiasan yang berlebihan selama backpacking. Tidak memakai perhiasan sama sekali justru lebih balk daripada memancing orang lain untuk berbuat jahat kepada Anda.

6. Jangan membawa barang yang sangat berharga. Jika Anda membawa notebook maupun gadget lainnya, berhati-hatilah saat tidur di dormitory room di backpacker hostel. Gunakan fasilitas safety box yang ada di hostel tersebut untuk menyimpan barang-barang berharga ketika tidur dan mandi.

7. Perhatikan alat-alat colokan untuk charger/gadget. Di sana banyak yang berkaki tiga (Indonesia kaki untuk colokannya hanya dua). Waspadai juga apabila voltase listrik berbeda dengan di Indonesia, gadget yang kita bawa bisa rusak.

Anda juga bisa membuka weblog Trinity "The Naked Traveler" sebagai referensi tambahan. Sebuah weblog seorang backpacker wanita Indonesia yang terus-menerus melakukan perjalanan mengelilingi dunia.

Semoga tips backpacking ini bermanfaat bagi Anda yang berencana melakukan backpacking untuk pertama kalinya.

Sumber: kaskus, curipandang, kompas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar